Beranda > Seputar Cimahi > Dana Bedah Rumah Diduga Disunat

Dana Bedah Rumah Diduga Disunat


CIMAHI, TRIBUN – Dana bedah rumah yang digulirkan Pemkot Cimahi dengan nilai Rp 10 juta per satu rumah diduga disunat. Dari program ini ada warga yang hanya menerima dana Rp 5,5 juta. Padahal menurut ketentuan, setelah dipotong pajak dari dana Rp 10 juta itu warga berhak mendapat Rp 8,5 juta.

“Zaman sekarang identik dengan pemotongan. Kalau tidak untuk administrasi, untuk uang lelah. Bahkan untuk orang yang mengusulkan. Tapi yang jelas, dana bedah rumah yang diterima warga itu tidak seperti ketentuan Pemkot Cimahi yang hanya dipotong pajak saja,” ujar seorang ketua RW di Kelurahan Cipageran, Cimahi, yang enggan disebutkan namanya, saat dihubungi Minggu (17/10).

Menurut dia, informasi awal sebelum bantuan diterimanya dana itu berjumlah Rp 10 juta. Setelah dipotong pajak sekitar 16 persen yang akan dikembalikan ke kas negara berarti tersisa Rp 8,5 juta. “Dana tersisa Rp 8,5 juta ini kemudian dipotong lagi. Pokoknya yang kami terima hanya Rp 5,5 juta, ya kita mah pasrah saja. Namanya juga dikasih,” ujarnya.

Menurut dia, dari segi sasaran bantuan ini sudah sangat bagus. Namun pemerintah perlu memantau dan mengawasi bantuan ini hingga sampai pada yang berhak sehingga di kalangan warga tidak saling mencurigai satu sama lain. “Idealnya, jika ada program, harus ada pengawasan. Jangan dibiarkan begitu saja sehingga tidak terjadi yang selama ini menimpa warga,” katanya.

Ny Enay (64), warga miskin di Kampung Lebaksaat, Cipageran, Cimahi, mengatakan, ia sejak lama berharap rumah kumuhnya bisa dibedah dengan bantuan Pemkot, tapi hingga kini belum juga terealisasi. “Ah, saya mah boro-boro dapat bantuan. Sejak ditinggal suami, malah numpang di panti asuhan. Nggak ada tim survei yang datang ke sini. Bantuan Langsung Tunai (BLT) saja nggak dapat, boro-boro bedah rumah,” ujar Enay.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: