Beranda > Seputar Cimahi > Penggalian Potensi Wisata di Cimahi tak Maksimal

Penggalian Potensi Wisata di Cimahi tak Maksimal


REPUBLIKA.CO.ID,CIMAHI–Minimnya target pendapatan asli daerah (PAD) dari tempat wisata di Kota Cimahi diduga karena masih lemahnya sumber daya manusia (SDM) di Pemerintah Kota Cimahi sendiri. Mereka dianggap tidak mampu menggali potensi-potensi yang ada di Cimahi secara menyeluruh.

Dugaan itu disampaikan anggota Komisi II, DPRD Kota Cimahi, Nurhasan, menanggapi target PAD dari wisata Kota Cimahi yang hanya sebesar Rp 74 juta per tahun. Menurutnya, mestinya SDM di Pemkot Cimahi lebih ditingkatkan, sehingga ada tambahan potensi yang bisa menjadi tempat wisata baru.

“Saya melihat SDM pemerintah masih lemah untuk mencari data-data kawasan yang berpotensi,” kata Nurhasan kepada Republika, Ahad (17/10).

Dia menyebutkan beberapa kawasan di Kota Cimahi yang belum dimanfaatkan secara maksimal, misalnya di Kampung Ciseupan, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan. Di kawasan tersebut, kata dia, seandainya dikelola dengan baik akan menjadi tempat wisata air yang dimiliki Cimahi.

Selain itu, dia juga menyebutka kawasan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara. Menurutnya, kawasan itu juga berpotensi sebagai tempat wisata, seperti kegiatan outbound.  “Tapi, sampai sekarang belum ada yang menggalinya,” ungkapnya.

Oleh karenanya, dia berharap Pemkot Cimahi, terutama Seksi Kebudayaan dan Pariwisata pada Dinas  Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi agar mampu membuka dan menggali potensi-potensi yang ada sebagai tempat wisata. Bahkan, dia menegaskan, jika di tiga kecamatan di Cimahi kawasan itu digali, pasti ada yang berpotensi sebagai tempat wisata lainnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: