Beranda > Seputar Cimahi > Bedah Rumah Pemkot dan TNI

Bedah Rumah Pemkot dan TNI


WARUNG CONTONG,(GM)-
Pemerintah Kota Cimahi bersama Tentara Manunggal Satata Sariksa (TMSS) terus memerangi permukiman kumuh dan padat penduduk dengan melakukan bedah rumah.

Seperti bedah 9 rumah di RW 07 Kel. Padasuka, Kec. Cimahi Tengah, pada 12 Oktober-1 November. Sebelumnya, pemkot melalui program P2WKSS telah membedah 4 unit rumah di lokasi yang sama pada September lalu.

Wali Kota Cimahi, H.M. Itoc Tochija menyampaikan, saat ini jumlah permukiman dan rumah penduduk yang tidak layak huni mencapai 10%. Sehingga, target bedah rumah setiap tahunnya maksimal 1.000 rumah.

“Jika ada 100.000 rumah, maka 10% masih terdapat rumah yang tidak layak huni. Sehingga, target bedah rumah setiap tahunnya maksimal 1.000 rumah, kalau 150 rumah/tahun tidak akan maksimal,” kata Itoc usai upacara pencanangan TMSS dan Hari Kesatuan Gerak PKKKB Kesehatan Kota Cimahi, di Lapangan Tembak, Pusdikif, Jln. Warung Contong, Selasa (2/11).

Ia menyatakan, kendati target bedah rumah tidak terpenuhi pada 2010, paling tidak Pemkot Cimahi mengupayakan perbaikan sanitasi di permukiman padat penduduk.

“Pemkot telah membangun 15 MCK (mandi cuci kakus) dan septic tank komunal yang dibuat di lima lokasi di permukiman padat. Pembangunan tersebut tidak lain sebagai upaya untuk memperbaiki sanitasi lingkungan,” paparnya.

Komando Distrik Militer (Kodim) 0609/Kab. Bandung, Jauhari Agus Suraji menyampaikan, program bedah rumah di Kel. Padasuka merupakan upaya TMSS dalam membantu pemerintah untuk percepatan pembangunan di desa tertinggal.

Bentuk kegiatan di antaranya membedah rumah-rumah kumuh, juga membuat jalan yang masih terisolasi.

“Kami berupaya membantu pemda dalam percepatan pembangunan yang sangat dibutuhkan masyarakat kecil, seperti rumah layak huni dan pembangunan jalan,” katanya.

Saat ini, TMSS sudah membedah 9 unit rumah, dan tahap pembangunannya telah mencapai 88%. “Selain program bedah rumah, sekaligus pencanangan gerakan KB dalam program TKK (Tentara KB Kesehatan),” ujarnya seraya menambahkan, program TMSS sudah lama berjalan dan merupakan program secara nasional untuk percepatan pembangunan di kota/kabupaten.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: